Harga MOT Rumah Sakit dengan Penjelasan Lengkapnya

 Harga MOT Rumah Sakit dengan Penjelasan Lengkapnya  MOT yang memiliki kepanjangan Modular operating Theatre bisa diartikan sebagai serangkaian alat modern untuk membentuk sistem baru sebagai tempat operasi. Rangkaian alat ini sangat memudahkan tenaga medis untuk melakukan tindakan operasi kompleks pada pasien. Pada kenyataannya, harga MOT rumah sakit tidaklah murah.

Hal ini dikarenakan rangkaian alat yang ada harus sesuai aturan dan standar dalam pemenuhan dan pemasangannya. Namun, biaya besar yang dibutuhkan untuk pemenuhan alat ini akan sebanding dengan berbagai keunggulan dan manfaatnya. Berbagai informasi penting tersebut akan masuk dalam pembahasan berikut ini:

MOT Untuk Ruang Operasi
MOT Untuk Ruang Operasi

Alasan Penerapan MOT

Proses operasi adalah proses yang rumit dan kompleks untuk dilakukan. Bahkan tenaga medis pun harus ekstra hati-hati dan teliti dalam pengerjaannya. Saat melakukan proses operasi, tenaga medis pastinya membutuhkan segala aspek terpenuhi. Mulai dari peralatan, keselamatan kerja, hingga pembersihan pasca operasi.

Adanya MOT ini sudah melengkapi segala hal tersebut. MOT sengaja dibuat untuk memfasilitasi tenaga medis akan segala aspek di atas. Pengadaan rangkaian alat ini juga harus disesuaikan dengan standar yang berlaku dari kementerian. Jadi tidak bisa asal dalam pengadaan bahkan dalam pemasangannya.

Karena segala hal tersebut, harga MOT rumah sakit tergolong mahal dan tidak bisa dimiliki oleh semua rumah sakit yang ada. Mulai dari pemasangan hingga harganya, semua sangat seimbang dengan manfaat yang akan didapat oleh rumah sakit saat digunakan. Adanya rangkaian alat ini juga sangat dibutuhkan dalam penanganan pasien.

Beberapa Aturan Dasar Ruang Operasi dengan MOT

Kementerian Kesehatan sudah memberikan aturan dasar paten tentang pemasangan dan pengadaan MOT ini. Hal ini sudah tercantum dalam standar yang dikeluarkan pada tahun 2012. Ada beberapa poin yang menjadi aturan wajib untuk rumah sakit yang melakukan pemasangan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kebersihan dan Lapisan Dinding

Untuk kebersihan dinding sendiri ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena ruang operasi harus terjaga tetap steril, maka berbagai jamur jangan sampai timbul di dinding. Hal ini harus diperhatikan secara ekstra. Selain itu, dinding tidak boleh rentan bahan kimia bahkan cuaca yang mungkin mempengaruhinya.

Maka dari itu, lapisan dinding adalah poin utama yang bisa dibenahi untuk penanggulangan. Lapisan yang paling baik adalah lapisan tanpa adanya pori-pori di sela-selanya. Jika ada celah sedikit saja, maka akan memberi dampak pada kebersihan dinding karena rentan akan debu yang hinggap dalam dinding.

2. Warna dan Bahan Dinding

Warna yang diterapkan pada dinding juga masuk hitungan poin penting lainnya. Sangat dianjurkan untuk memilih warna yang cenderung cerah agar komponen dan alat MOT dalam ruang mudah terlihat. Namun, jangan sampai menimbulkan efek silau karena warna yang terlalu cerah bisa memantulkan berbagai cahaya.

Pengadaan warna ini bisa dilengkapi dengan pemenuhan bahan dinding yang sesuai. Hal-hal yang harus diperhatikan adalah soal ketahanannya pada air, api, dan karat. Selain itu, bahan yang ada jangan sampai memiliki celah. Karena jika ada celah akan menjadi sarang bakteri dan sulit dibersihkan.

3. Sambungan Harus Diperhatikan

Jika dinding dalam ruang memiliki sambungan yang sangat jelas karena beberapa alasan, maka harus ditutup dengan bahan lain. Umumnya silicon digunakan untuk menyiasati hal ini. Hal ini dilakukan karena adanya sambungan bisa menjadi area debu yang sulit dijangkau saat pembersihan. Maka dari itu harus ada perhatian ekstra.

Bentuk sambungan antar dinding juga sudah ditentukan. Jangan gunakan bentuk siku karena akan sulit dijangkau saat dilakukan bersih dinding. Bentuk yang sangat disarankan adalah model lengkung yang tentunya mudah dibersihkan. Semua yang menyangkut ruang operasi dengan MOT pasti mengutamakan kebersihan.



Plafon dan Dinding Ruang MOT yang telah terinstal Panel EPS

Komponen Dasar yang Dibutuhkan dalam MOT

Karena untuk kebutuhan operasi yang kompleks, tentu komponen yang ada dalam MOT sangat banyak. Setiap komponen memiliki fungsi penting yang pastinya bisa dimanfaatkan untuk proses operasi. Jika kurang satu komponen saja, maka proses operasi akan terganggu. Berikut adalah beberapa komponen dasarnya:

1. Pintu Hermetic dan HVAC

Pintu hermetic harus ada dalam sistem MOT. Alat ini diaplikasikan untuk menjaga ruang agar tetap steril. Kerapatan ruang adalah fungsi utama dari komponen ini. Selain itu, juga dibutuhkan HVAC untuk proses pemfilteran udara dari berbagai zat yang tidak diinginkan. Misal debu, kotoran, bakteri, bahkan virus sekali pun.

2. Dinding Sandwich Panel dan Lantai Vinyl

Sandwich panel digunakan untuk menjaga dinding dari berbagai hal. Misal air, api, dan beberapa aspek merugikan lainnya. Lantai Vinyl juga termasuk dalam komponen dasar sistem MOT ini. Jenis lantai ini didesain khusu untuk terjaga dari berbagai goresan dan cairan yang sulit untuk dibersihkan.

3. Lemari Khusus Penyimpanan Alat

Ruang operasi juga membutuhkan lemari khusus yang biasa digunakan untuk meletakkan berbagai alat operasi. Pengadaan komponen ini juga harus steril. Jika tidak, maka berbagai alat operasi di dalamnya juga ikut terkontaminasi. Karena memiliki pengaruh besar, harga MOT rumah sakit juga dipengaruhi oleh komponen ini.

4. X Ray Viewer

Saat melakukan operasi, komponen untuk melihat organ dalam juga diperlukan. Maka dari itu sistem MOT juga harus dilengkapi dengan X Ray Viewer yang sangat bermanfaat. Saat ini, komponen ini sudah banyak yang dilengkapi aspek lain seperti lampu LED dan lapisan yang kuat. Sehingga penggunaannya bisa lebih optimal lagi.

5. Scrub Station dan Pass Box

Scrub station digunakan untuk membersihkan tangan agar lebih steril. Setelah menggunakan alat ini, maka tenaga medis tidak boleh menyentuh apapun sebelum menangani pasien. Pass box juga termasuk dalam hal penting. Alat ini berguna untuk memindahkan barang steril agar tidak terkontaminasi oleh bakteri lagi.

6. Sistem Kontrol Panel dan Koneksi Gas

Selain semua komponen di atas, ada juga beberapa komponen pendukung yang sangat penting untuk mengatur kondisi ruang operasi. Komponen tersebut adalah sistem kontrol panel dan pengatur koneksi gas. Semua hal ini harus tersedia dalam sistem MOT agar proses operasi pasien bisa menjadi lebih baik.





Plafon dan Dinding Ruang MOT yang telah terinstal Panel EPS

Harga MOTOR dan Pemasangannya untuk Rumah Sakit

Dengan segala kelebihan dan standar yang ada, tentu harga MOT rumah sakit tidak sedikit. Mulai dari pengadaan hingga pemasangan pasti memerlukan biaya besar yang harus disiapkan jika ingin memasang sistem ini. Harga yang besar itu tidak akan rugi dikeluarkan jika menyangkut kebutuhan pasien.

Jika dilakukan pemasangan, maka pemenuhan kebutuhan pasien menjadi terpenuhi dan rumah sakit akan menjadi incaran pasien. Untuk harganya sendiri segera hubungi kami agar tahu detailnya. Harga bisa saja berubah seiring bertambahnya waktu. Maka dari itu, segera hubungi kami sebelum harga naik menjadi lebih mahal.

Itulah penjelasan mengenai harga MOT rumah sakit beserta hal-hal lainnya yang masih berkaitan. Dilihat dari penjelasan di atas, pengadaan MOT tidak bisa sembarang dilakukan karena harus sesuai standar. Selain itu, komponennya juga banyak sehingga terkesan sangat rumit. Hubungi kami untuk info harga dan  pemasangan MOT rumah sakit yang sesuai standar.

PEMESANAN

Silahkan hubungi kami untuk pemesanan dan juga konsultasi mengenai Harga MOT Rumah Sakit Dengan Material Terbaik melalui nomor di bawah ini :

CV. BIMA UTAMA
HP/WA wa.me//+6282286000441
E-MAIL cv.bimautama@gmail.com

Tidak ada komentar:

Pages